Memberikan Pelayanan Ibarat Memainkan sebuah "Orkestra"
Tiga Unsur Service :
1. People : Sumber Daya manusia
2. Produk : a. Makanan
b. Kamar
c. Fasilitas
3. Service : a. Pelayanan
b. Ramah Tamah
c. Keamanan
KESAN PERTAMA
1. Senyum
2. Sapa
3. Salam
4. Sentuhan
MAGIC WORD :
1. Maaf
2. Tolong
3. Terimakasih
Pengertian :
Pelayanan Prima adalah Aktifitas penyediaan, pemberian, dan penyajian layanan sempurna, layanan terbaik dari semua layanan yang baik kepada oranglain yang dilayani (pelanggan).
"Good Service makes the difference!"
Layanan yang diberikan, berupa Perlakuan yang menyennagkan dirasakan oleh pelanggan. (Tetapi tetap tidak bisa dipisahkan dari barang atau jasa yang diterima oleh pelanggan).
Layanan Prima = Memuaskan Pihak Pelanggan
Pelanggan puas karena keinginannya dipenuhi, atau mungkin melebihi apa yang diharapkannya.
"Excellent Service"
Pihak yang menentukan ukuran keberhasilan pelayanan prima, adalah Pelanggan.
Jenis - Jenis Pelayanan :
1. Menurut Pihak yang Dilayani :
Pelayanan INTERNAL Yaitu Pelayanan bagi sesama karyawan dalam organisasi.
Pelayanan EKSTERNAL Yaitu Pelayanan yang diberikan kepada pihak yang ada di luar organisasi.
Langsung >< Tidak Langsung
2. Menurut Tahapan Pelayanan :
Pelayanan PRA - TRANSAKSI Yaitu Pelayanan yang disiapkan sebelum bertatp muka dan pihak pelanggan.
Pelayanan SAAT TRANSAKSI Yaitu Pelayanan yang diberikan pada saat bertransaksi sedang berlangsung..
Pelayanan PASCA - TRANSAKSI Yaitu Pelayanan yang diberikan setelah selesai transaksi.
3. Menurut Prioritas Pelayanan :
Pelayanan UTAMA Yaitu Pelayanan yang berkaitan dengan kebutuhan utama Pelanggan, sesuai dengan visi & misi pelayanan.
Pelayanan PENDUKUNG Yaitu Pelayanan yang diberikan sebagai kelengkapan untuk kepuasan pelanggan.
Pelayanan TAMBAHAN Yaitu Pelayanan yang diberikan melebihi standar pelayanan untuk meraih simpati pelanggan.
Tiga Unsur Service :
1. People : Sumber Daya manusia
2. Produk : a. Makanan
b. Kamar
c. Fasilitas
3. Service : a. Pelayanan
b. Ramah Tamah
c. Keamanan
KESAN PERTAMA
1. Senyum
2. Sapa
3. Salam
4. Sentuhan
MAGIC WORD :
1. Maaf
2. Tolong
3. Terimakasih
Pengertian :
Pelayanan Prima adalah Aktifitas penyediaan, pemberian, dan penyajian layanan sempurna, layanan terbaik dari semua layanan yang baik kepada oranglain yang dilayani (pelanggan).
"Good Service makes the difference!"
Layanan yang diberikan, berupa Perlakuan yang menyennagkan dirasakan oleh pelanggan. (Tetapi tetap tidak bisa dipisahkan dari barang atau jasa yang diterima oleh pelanggan).
Layanan Prima = Memuaskan Pihak Pelanggan
Pelanggan puas karena keinginannya dipenuhi, atau mungkin melebihi apa yang diharapkannya.
"Excellent Service"
Pihak yang menentukan ukuran keberhasilan pelayanan prima, adalah Pelanggan.
Jenis - Jenis Pelayanan :
1. Menurut Pihak yang Dilayani :
Pelayanan INTERNAL Yaitu Pelayanan bagi sesama karyawan dalam organisasi.
Pelayanan EKSTERNAL Yaitu Pelayanan yang diberikan kepada pihak yang ada di luar organisasi.
Langsung >< Tidak Langsung
2. Menurut Tahapan Pelayanan :
Pelayanan PRA - TRANSAKSI Yaitu Pelayanan yang disiapkan sebelum bertatp muka dan pihak pelanggan.
Pelayanan SAAT TRANSAKSI Yaitu Pelayanan yang diberikan pada saat bertransaksi sedang berlangsung..
Pelayanan PASCA - TRANSAKSI Yaitu Pelayanan yang diberikan setelah selesai transaksi.
3. Menurut Prioritas Pelayanan :
Pelayanan UTAMA Yaitu Pelayanan yang berkaitan dengan kebutuhan utama Pelanggan, sesuai dengan visi & misi pelayanan.
Pelayanan PENDUKUNG Yaitu Pelayanan yang diberikan sebagai kelengkapan untuk kepuasan pelanggan.
Pelayanan TAMBAHAN Yaitu Pelayanan yang diberikan melebihi standar pelayanan untuk meraih simpati pelanggan.
4 komentar
Write komentarsenyum itu emang yang paling pertama harus dikasih ya :)
Replyiyahhh...hihi
ReplySenyum ramah itu awal dari sebuah pelayanan yaaa
ReplyIYAH DONG, KALAU GAK SENYUM GIMANA ORANG LAIN TERTARIK SAMA PRODUK KITA?
ReplyTerimakasih Atas Komentar Anda....!!! :) EmoticonEmoticon