"PELAYANAN PRIMA"

Memberikan Pelayanan Ibarat Memainkan sebuah "Orkestra"


Tiga Unsur Service : 
1. People : Sumber Daya manusia
2. Produk : a. Makanan
                              b. Kamar
                              c. Fasilitas
3. Service : a. Pelayanan
                              b. Ramah Tamah
                              c. Keamanan


KESAN PERTAMA
1. Senyum
2. Sapa
3. Salam
4. Sentuhan


MAGIC WORD :
1. Maaf
2. Tolong
3. Terimakasih

Pengertian :
Pelayanan Prima adalah Aktifitas penyediaan, pemberian, dan penyajian layanan sempurna, layanan terbaik dari semua layanan yang baik kepada oranglain yang dilayani (pelanggan).
"Good Service makes the difference!"

Layanan yang diberikan, berupa Perlakuan yang menyennagkan dirasakan oleh pelanggan. (Tetapi tetap tidak bisa dipisahkan dari barang atau jasa yang diterima oleh pelanggan).

 Layanan Prima = Memuaskan Pihak Pelanggan

 Pelanggan puas karena keinginannya dipenuhi, atau mungkin melebihi apa yang diharapkannya.
"Excellent Service"

Pihak yang menentukan ukuran keberhasilan pelayanan prima, adalah Pelanggan.

Jenis - Jenis Pelayanan : 
1. Menurut Pihak yang Dilayani :
Pelayanan INTERNAL Yaitu Pelayanan bagi sesama karyawan dalam organisasi.
Pelayanan EKSTERNAL Yaitu Pelayanan yang diberikan kepada pihak yang ada di luar organisasi.

Langsung >< Tidak Langsung

2. Menurut Tahapan Pelayanan :
Pelayanan PRA - TRANSAKSI Yaitu Pelayanan yang disiapkan sebelum bertatp muka dan pihak pelanggan.

Pelayanan SAAT TRANSAKSI Yaitu Pelayanan yang diberikan pada saat bertransaksi sedang berlangsung..

Pelayanan PASCA - TRANSAKSI Yaitu Pelayanan yang diberikan setelah selesai transaksi.

3. Menurut Prioritas Pelayanan :
Pelayanan UTAMA Yaitu Pelayanan yang berkaitan dengan kebutuhan utama Pelanggan, sesuai dengan visi & misi pelayanan.
Pelayanan PENDUKUNG Yaitu Pelayanan yang diberikan sebagai kelengkapan untuk kepuasan pelanggan.
Pelayanan TAMBAHAN Yaitu Pelayanan yang diberikan melebihi standar pelayanan untuk meraih simpati pelanggan.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
16 June 2016 at 14:02 delete

senyum itu emang yang paling pertama harus dikasih ya :)

Reply
avatar
30 June 2016 at 14:01 delete

Senyum ramah itu awal dari sebuah pelayanan yaaa

Reply
avatar
20 July 2016 at 14:06 delete

IYAH DONG, KALAU GAK SENYUM GIMANA ORANG LAIN TERTARIK SAMA PRODUK KITA?

Reply
avatar

Terimakasih Atas Komentar Anda....!!! :) EmoticonEmoticon